Posisi Duduk yang dilarang untuk ibu hamil
Kesehatan

Sedang Hamil? Hindari Posisi Duduk Berikut Ini!

Menemani anak bermain, belajar menulis dan membaca tentu tak bisa absen dari seorang ibu meskipun tengah dalam keadaan hamil kan, moms. Karena yang namanya mengurus dan menyayangi anak itu tak pernah ada batasnya. Bahkan saat sakit sekalipun, kalau sudah mempunyai anak, yang terpikirkan adalah anak.

Namun, moms, ketika moms sedang menemani buah hati dalam posisi duduk dengan keadaan hamil. Moms harus lebih berhati-hati lho. Jangan sampai salah posisi duduk. Kenapa? Karena itu bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan bahkan sakit

Bahaya Salah Posisi Duduk Saat Hamil

Selain itu moms, cara duduk yang salah pun bisa mengakibatkan luka dan mencelakakan bayi dalam perut kita. Sakit yang dirasakan pun bisa bertambah lebih buruk lho moms di akhir periode kehamilan. Sebab, hormon cenderung akan melunakkan tendon dan ligamen.

Di samping itu sikap duduk yang keliru dapat membuat ibu hamil berisiko merasakan ngilu sendi dan kompleksitas sesudah melahirkan.

Posisi Duduk yang Harus Dihindari Saat Hamil

Berikut ini adalah beberapa posisi duduk yang harus moms ingat-ingat untuk sebisa mungkin tidak dilakukan selama masa kehamilan ya moms!

1. Bungkuk

Membungkuk merupakan sesuatu normal untuk kita, dan biasanya dilakukan begitu saja saat duduk. Tetapi, posisi atau cara duduk yang seperti ini akan memberi tekanan pada ibu hamil, dan harus dihindari sebisa mungkin.

Sebab, ibu hamil memiliki beban lebih banyak di bagian depan. Nah, ketika bagian belakang atau punggung tidak lurus, semua perhatian diarahkan ke sumsum tulang belakang, yang mana sudah sangat bekerja keras untuk bawa beban tambahan.

Jika sumsum tulang belakang bekerja terlalu keras, hal tersebut dapat membuat sakit punggung makin bertambah kronis moms. Jadi, carilah posisi duduk lain saat menemani si kecil bermain atau belajar ya moms.

2. Tidak ada Sandaran Ketika Duduk

Masih lanjutan tentang membungkuk nih moms. Selain posisi duduk membungkuk, posisi moms duduk tegak lurus tanpa sandaran pun harus dihindari. Sebab, punggung ibu hamil perlu sandaran saat duduk.

Supaya apa moms? Supaya tekanan pada sumsum tulang belakangnya berkurang. Jadi, moms bisa terhindar dari nyeri pada bagian punggung. Ibu hamil pun harus menghindari duduk di pada kursi yang sandarannya lebih rendah. Karena nanti malah semakin tak nyaman moms.

3. Duduk Sekalian Gantungkan Kaki

Selama masa kehamilan, tentunya perempuan akan mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah pembengkakan di bagian kaki. Bengkak kaki ialah permasalahan umum yang ditemui wanita sepanjang kehamilan.

Salah satu penyebab pembengkakan kaki itu adalah moms duduk sambil menggantungkan kaki. Ketika moms sering melakukannya, sirkulasi darah akan diarahkan ke kaki, sehingga bisa membuat kaki bengkak.

4. Bungkuk Di Awal Duduk

Tanpa sadar, beberapa orang umumnya senang membungkuk di awal duduk, baik itu duduk di lantai ataupun di kursi. Nah, ketika hamil, jika sebelumnya moms biasa melakukan hal ini, maka segeralah dihentikan.

Sebab, ketika bungkuk di awal duduk, badan ibu hamil akan merasakan tekanan yang lebih besar pada bagian perut. Selain itu, bayi dalam perut pun kemungkinan besar akan merasa sesak. Tentu saja hal ini bisa berpengaruh negatif.

5. Duduk dengan kaki Menyilang

Posisi duduk dengan kaki menyilang memang enak banget kan moms. Ah itu kalau moms sedang tidak hamil. Kalau sedang hamil, maka moms harus menghindari duduk dengan kaki menyilang. Mengapa begitu?

Sebab, jika moms duduk dengan posisi menyilang selama kehamilan. Maka hal tersebut bisa mengakibatkan pembengkakan di pergelangan kaki atau bahkan varises karena aliran darah menurun moms.

Nah itulah 6 posisi duduk yang harus dihindari selama masa kehamilan ya moms. Agar moms dan bayi di dalam perut aman, sehat, sentosa hingga terlahir ke dunia. Jadi, ketika menemani si kecil atau sang calon kakak bayi bermain dan belajar, buatlah posisi duduk moms senyaman mungkin.

Anda mungkin juga suka...