https://pesiaryuk.com/6-makanan-untuk-memperlancar-bab/
Kesehatan

Ini Lho 4 Minuman untuk Melancarkan BAB

Sembelit atau susah buang air besar (BAB) merupakan kondisi saat feses atau tinja sulit dikeluarkan. Gejala ini umumnya terjadi setelah melewati 3 hari tak buang air besar. Karena, di waktu tersebut, kotoran dalam tubuh atau usus menjadi lebih padat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini, baik secara alami maupun menggunakan bantuan obat pencahar yang beredar di pasaran. Untuk cara alami sendiri, kita bisa mencoba mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, ataupun minuman untuk melancarkan BAB.

Selain Enak, 5 Minuman untuk Melancarkan BAB Ini Mudah untuk Dibuat

Selain mengonsumsi atau meminum air putih yang cukup, kamu pun bisa mencoba beberapa jenis minuman yang akan saya ulas pada kesempatan kali ini. Minuman yang bahan-bahannya mudah ditemukan karena dijual bebas di pasaran. Penasaran? Yuk disimak!

minuman untuk melancarkan BAB dari buah-buahan

  1. Minuman dari Buah-buahan

    Jus buah merupakan salah satu minuman untuk melancarkan BAB yang bisa kamu coba, dan buat sendiri di rumah. Lalu, buah apa saja yang cocok untuk membuat buang air besar jadi tanpa hambatan?

    Anda bisa menggunakan buah apel, pisang, pir, jeruk, jeruk nipis, pepaya, buah berries, plum, dan alpukat untuk membuat jus yang bisa melancarkan pencernaan karena kaya akan serat, juga membuat usus lebih sehat. Buah-buah tersebut pun kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bagus untuk tubuh.

  2. Minuman Bercafein dan Hangat

    Suka minum kopi, teh, atau cokelat hitam? Kalau begitu, Anda tidak perlu pusing mencari cara untuk mengatasi sembelit. Sebab, ketiga jenis minuman tersebut mengandung kafein yang dipercaya bisa melancarkan pencernaan.

    Untuk teh sendiri, kamu bebas memilih jenis teh apa pun. Mau itu teh hitam hangat biasa, teh lemon, teh jahe, teh peppermint, ataupun teh hijau. Dan sebaiknya dikonsumsi setelah bangun tidur di pagi hari.

    Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa kafein bisa menyelesaikan masalah sembelit? Jawabannya karena kafein dan hangat bisa memperlancar aliran darah menuju ke sistem pencernaan, sehingga menimbulkan konstraksi, dan akhirnya buang air besar jadi lancar.

    Minuman Berkafein untuk melancarkan BAB

  3. Minuman dari Sayuran Mix Buah-buahan

    Jika kamu merasa kurang suka dengan jus buah, maka bisa menggabungkannya dengan sayuran. Lalu, sayuran apa saja yang bisa digunakan untuk membuat minuman untuk melancarkan BAB?

    Sayurannya merupakan sayuran yang mudah ditemukan di sekitar kamu. Seperti misalnya menggabungkan wortel dengan apel dan jahe, atau apel dicampur tomat dan wortel. Bisa juga mentimun, seledri, dan apel.

    Jika kamu tak menyukai buah apel, atau sayuran bernama wortel, maka cobalah pisang dan nanas, atau pir, mangga, dan wortel.

  4. Minuman Probiotik

    Untuk kamu yang menyukai hal-hal praktis, saya juga kadang-kadang begitu sih. Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi minuman probiotik. Apa itu minuman probiotik? Minuman hasil fermentasi yang mengandung bakteri baik di dalamnya.

    Minuman probiotik yang bisa kamu konsumsi itu seperti yogurt, kemudian susu almond (namun pastikan terlebih dahulu jika kamu tidak alergi susu), air kelapa, lemonade lacto fermentasi, dan Nutrive FiberShot.

    Minuman probiotik sebagai minuman untuk melancarkan BAB

Cara Mencegah Terkena Sembelit

Seperti yang sudah kita ketahui, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati ya, kan? Maka dari itu, sebelum kamu benar-benar terkena sembelit, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut ini secara rutin!

  1. Mengonsumsi makanan kaya serat yang cukup setiap harinya. Kebutuhan serat harian untuk orang dewasa ada pada rentang 25 hingga 38 gram perhari. Sementara untuk anak-anak dibedakan tergantung rentang usianya. Untuk bayi 7-11 bulan hanya memerlukan 10 gram serat. 1-3 tahun 16 gram serat.Kemudian jika usianya 4-6 tahun, maka kebutuhan seratnya berada di angka 22 gram.
  2. Berolahraga secara teratur, termasuk ketika kamu harus menjalani work from home alias bekerja dari rumah. Jangan sampai jadi kurang gerak apalagi cuma rebahan seharian. Lakukanlah olahraga ringan seperti senam, yoga, aerobic, dan lain sebagainya.
  3. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Tidak harus 8 gelas perhari, namun setidaknya memenuhi 2 liter air dalam sehari untuk satu individu. Selain mencegah dehidrasi, minum air putih yang cukup bisa mencegah susah buang air besar.
  4. Jangan sering begadang juga, karena kurang tidur, selain merusak kesehatan di masa yang akan datang, juga bisa membuat usus bekerja keras untuk mencerna makanan. Akui saja, kalau begadang pasti kamu ingin ngemil, ya kan?

Nah itulah informasi mengenai minuman untuk melancarkan BAB beserta cara mencegah sembelitnya. Semoga bermanfaat untuk kamu, ya!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *