Penyebab Bibir Bengkak pada Anak-anak
Kesehatan

5 Penyebab Bibir Bengkak dan Cara Mengatasinya

Mengalami bibir bengkak setelah tak sengaja tersengat oleh lebah tentu tak akan membuat kita bertanya-tanya kan moms. Karena kita sudah tahu penyebabnya. Namun, jika bibir tiba-tiba bengap, apalagi dialaminya oleh anak-anak, tentu kita akan merasa bingung ya, moms?

Hal apa yang membuat bibirnya bengkak? Jangan heran moms, apalagi sampai berpikiran aneh-aneh. Sebab, bibir bengkak secara mendadak itu ada penjelasannya secara medis dan tidak simsalabim abrakadabra muncul begitu saja.

Beberapa Penyebab Bibir Bengkak yang Biasa Terjadi

Umumnya pembengkakan pada bibir ini berasal dari infeksi atau penimbunan cairan, moms. Nih, untuk lebih jelasnya, yuk disimak beberapa penyebab bibir bengkak yang sering dialami oleh sebagian orang, termasuk anak-anak!

1. Alergi

Iya moms, jadi alergi ini tak hanya menyebabkan reaksi berupa ruam atau biduran dan gatal-gatal saja. Alergi pun dapat membuat bibir bengkak. Biasanya hal ini dipicu reaksi badan terhadap zat asing yang masuk dan dianggap berbahaya.

Bibir Bengkak pada Anak Karena Alergi Makanan

Jadi, ketika ada zat asing yang masuk, secara otomatis, badan akan mengeluarkan zat kimia yang disebutkan dengan histamin untuk melindungi tubuh. Namun sayangnya, di sisi lain, histamin justru dapat mengakibatkan bermacam reaksi alergi, termasuk bengkak.

Bibir bengkak pada anak bisa diakibatkan karena alergi makanan. Jadi, setelah makan sesuatu yang membuatnya alergi, tidak lama dari itu, pembengkakan akan mulai terjadi moms.

Maka, saat bibir anak tiba-tiba bengkak setelah memakan makanan yang bunda berikan, coba cek kembali bahan yang terkandung di dalamnya moms. Mungkin saja anak alergi pada makanan tersebut tanpa disadari karena tidak menimbulkan gejala alergi seperti ruam dan gatal-gatal.

Namun, perlu diingat juga moms. Pembengkakan pada bibir anak pun, bisa jadi alergi tak hanya dari makanan. Bisa jadi diakibatkan oleh gigitan atau sengatan serangga. Kemudian faktor lingkungan, seperti alergi debu, serbuk sari, dan obat-obatan.

2. Bibir Kering

Bibir kering tak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun bisa mengalami kekeringan pada bibir. Penyebabnya tentu saja karena bibir tidak memperoleh kelembapan yang diperlukan, hingga akhirnya bibir menjadi kering bahkan juga sampai pecah-pecah.

Saat bibir pecah-pecah, hal tersebut membuat kuman mudah untuk masuk ke dalamnya dan mengontaminasi. Pada akhirnya, kuman tersebut bisa membuat bibir jadi bengkak.

Bibir kering ini bisa diakibatkan oleh udara kering, dehidrasi, makanan anak yang kandungan garamnya tinggi, kekurangan vitamin, kekurangan zat besi, efek samping obat, kelebihan vitamin dan kebiasaan mengigiti atau menjilati bibirnya.

3. Luka atau cedera

Bermacam luka atau cedera yang dialami si kecil pada area wajah pun dapat mempengaruhi terjadinya bibir bengkak, moms. Luka atau cederanya pun bisa beragam. Bisa karena gigitan, benturan, atau sayatan.

Anak Mengalami Bibir Bengkak Secara Mendadak

4. Angioedema

Angioedema ialah  suatu keadaan di mana bayi atau anak mengalami bengkak di bawah kulit. Keadaan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari reaksi alergi, reaksi obat non-alergi, bahkan juga bisa dari faktor turunan.

Angioedema paling sering terjadi pada bibir dan mata. Namun, tak menutup kemungkinan menyebabkan pembengkakan juga pada lidah, tangan, kaki, serta alat kelamin.

Selain bengkak, penderit angioedema pun kemungkinan akan merasakan gatal di bagian pembengkakan. Namun, moms tak perlu khawatir, hal ini bukanlah kondisi kesehatan yang serius.

Gejalanya akan menghilang atau berhenti dengan sendirinya, dalam waktu 1 hingga 3 hari.

5. Kondisi Medis

Bibir bengkak pun bisa disebabkan oleh kondisi medis atau kesehatan, termasuk yang langka moms. Di antaranya adalah Granulomatus Cheilitis atau pembengkakan pada bibir karena sakit cron, sarkoidosis, maupun granulomatus orofasial.

Sementara pembengkakan pada kedua bibir ataupun salah satunya, bisa karena sindrom miescher-melkersson-rosenthal. Pada kondisi ini, biasanya bengkak berlangsung cukup lama, disertai melemahnya otot, dan lidah yang pecah-pecah.

Cara Mengatasi Bibir Bengkak pada Anak

Untuk mengatasi bibir bengkak yang terjadi pada si kecil. Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan, dan bisa dibilang, hanya perlu disesuaikan dengan penyebabnya moms.

Jika penyebab bibirnya mengalami pembengkakan karena alergi makanan, maka hindarkan memberikan anak makanan yang sama atau mengandung bahan yang membuatnya alergi.

Lalu, jika penyebabnya adalah bibir kering, moms bisa mengatasinya dengan memastikan bahwa kebutuhan cairan si kecil terpenuhi. Kemudian udara di rumah cukup lembap.

Berikan pelembap alami dengan mengolesi minyak zaitun, minyak kelapa, ataupun madu.

Atasi Bibir Bengkak dengan Minyak Zaitun

Agar bisa menghindari bibir bengkak karena kekeringan, maka pastikan anak mendapatkan asupan makanan dengan gizi seimbang. Berikan pengertian juga tentang jangan menjilati bibirnya yang kering.

Untuk gejala bibir bengkak yang ringan, moms pun dapat mengompress menggunakan es pada bibir si kecil untuk membantu mengempeskannya. Namun, apabila bengkak disertai cedera, dan perdarahan segeralah menemui dokter.

Sebab, untuk pembengkakan bibir tertentu harus diatasi menggunakan obat-obatan, moms! Itulah 5 penyebab bibir bengkak pada anak dan cara mengatasinya moms. Semoga info ini bermanfaat ya!

Anda mungkin juga suka...