7 Akibat Kurang Minum Air Putih
Kesehatan

7 Penyakit yang Timbul Akibat Kurang Minum Air Putih

Apakah kamu sering mengalami nyeri di bagian persendian dan kurang fokus saat melakukan sesuatu? Jika iya, mungkin saja penyebabnya karena kamu kurang asupan minimal dari kebutuhan air putih harian.

Seperti yang kita ketahui, air sangatlah penting untuk kehidupan manusia. Seperti yang mungkin sering kamu dengar juga. Manusia masih bisa hidup tanpa makanan, namun tak bisa jika tanpa mendapatkan asupan cairan atau air.

Mengapa begitu? Sebab, 60 persen tubuh manusia terdiri atas cairan. Kemudian, cairan itu akan terus berkurang atau mengalami penyusutan akibat banyak aktivitas yang dilakukan. Cairan tersebut harus diisi ulang layaknya bahan bakar pada kendaraan.

Tanda-tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Oleh karena itu, saat kamu kurang minum air putih setiap harinya, hal tersebut dapat berpengaruh besar pada tubuh. Kamu bisa mengalami dehidrasi, sakit persendian, depresi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selengkapnya akan dibahas setelah mengetahui terlebih dahulu tanda-tanda kamu dehidrasi.

Tanda awal yang muncul ketika kamu mengalami dehidrasi adalah merasakan haus yang berlebihan. Kemudian bibir terasa sering, mata mudah mengantuk, badan cepat lelah, sakit kepala. Lalu, frekuensi buang air kecil menurun dari biasanya, sembelit, pusing dan warna urine jadi lebih pekat.

Penyakit yang Timbul Akibat Kurang Minum Air Putih

Tentunya, saat kamu kurang minum air putih, kamu akan mengalami dehidrasi. Namun, jangan menganggap sepele tentang dehidrasi ini. Sebab, dehidrasi bisa menimbulkan berbagai permasalahan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Lalu, penyakit apa saja sih yang bisa muncul saat mengalami dehidrasi karena kurang minum air putih? Mari disimak uraian di bawah ini!

1. Susah fokus

Penyakit pertama yang ditimbulkan akibat dehidrasi adalah susah fokus. Kamu akan sering mengalami tiba-tiba lupa dengan apa yang akan dikerjakan atau malah mengalami ketidak sesuaian antara apa yang disampaikan dan apa yang ada dalam pikiran?

Menurut riset yang pernah dilakukan oleh ahlinya, mereka yang mengalami dehidrasi ringan, akan lebih susah fokus bahkan untuk pekerjaan-pekerjaan yang tergolong sederhana. Tidak hanya itu saja, pun akan sulit dalam menjaga konsentrasi untuk periode tertentu.

2. Sakit di kepala

Apakah kamu sering merasakan sakit pada bagian kepala, semacam ngilu? Jika ya, hal tersebut pun bisa jadi diakibatkan karena kurang minum air putih. Rasa sakitnya ini tentu saja beragam. Dari mulai yang ringan sampai betul-betul mengganggu aktivitas.

Rasa sakit di kepala ini muncul karena otak mengalami penyusutan karena kurangnya konsumsi cairan. Sementara saat konsumsi cairan terpenuhi, otak pun akan kembali ke bentuk semula dan sakit di kepala pun akan hilang

3. Bibir Kering dan Bau mulut

Dehidrasi atau kurang minum pun bisa menyebabkan bibir kering, kemudian pecah-pecah. Nah bila dibiarkan begitu saja, bakteri akan masuk melalui bibir pecah-pecah dan menyebabkan bau mulutt. Pada faktanya, minum air putih yang cukup bisa merusak saliva dan menghilangkan bau mulut karena bakteri.

4. Rasa Kantuk yang Berlebihan

Saat kita merasa ngantuk karena belum minum kopi atau malah habis begadang di malam sebelumnya, itu merupakan hal yang biasa terjadi, bukan?

Namun, jika kamu merasa ngantuk sepanjang hari, padahal sudah tidur dengan cukup. Maka kamu harus waspada. Mungkin saja rasa kantuk yang berlebihan itu diakibatkan oleh kekurangan cairan. Rasa mengantuk yang diakibatkan oleh dehidrasi pun tak mudah enyah begitu saja.

Sebab, rasa kantuk yang diakibatkan dehidrasi, bisa membuat tubuh semakin merasa lelah dan kurang bertenaga.

5. Konstipasi atau Sembelit

Sembelit umumnya diakibatkan karena kurangnya konsumsi makanan berserat. Namun, ternyata, sembelit pun bisa terjadi akibat kita kurang minum air putih. Lha kok bisa? Sebab, tanpa adanya cairan yang cukup dalam proses pencernaan di usus besar, maka akan mengakibatkan feses bertambah lebih padat dan susah keluar.

6. Kulit kering

Pernahkah kamu merasa kulit sangat kering padahal sudah menggunakan pelembap, baik krim wajah maupun body lotion? Padahal kamu berpikir nutrisi kulit sudah terpenuhi dengan pemakaian pelembap saja.

Padahal, pada kenyataannya, pelembap paling mahal sekalipun belum tentu dapat menangani permasalahan kulit kering, jika pemicunya karena kurang minum air putih. Sebab, kulit kering karena kurangnya cairan dalam tubuh akan rawan iritasi dan gatal. Berbeda dengan pemilik tipe kulit kering.

7. Diabetes

Orang yang terkena dehidrasi umumnya akan menginginkan lebih banyak makanan manis. Hal ini muncul karena ginjal mengalami masalah hingga akhirnya merusak glikogen jadi glukosa untuk saluran darah. Timbulnya hal ini diakibatkan oleh terganggunya  metabolisme tubuh akibat kurang cairan.

Jika didiamkan dalam periode yang sangat lama, bukan mustahil konsumsi gula jadi terlalu berlebih. Resikonya, penyakit diabetes menghantui kamu lho.

Selain diabetes, untuk tingkat dehidrasi yang akut atau parah, dalam jangka panjang dapat mengakibatkan berkurangnya fungsi ginjal, timbulnya batu ginjal, hipertensi, infeksi aliran kemih, dan bahkan bisa sampai demensia. Maka dari itu, jangan lupa penuhi kebutuhan cairan harian kamu ya!

Anda mungkin juga suka...