Inilah cara merawat vespa matic agar tahan lama
lifestyle

Beberapa Cara dalam Merawat Vespa Matic agar Dapat Bertahan Lama

Ketika memiliki kendaraan hal ini berarti Anda harus bersiap untuk merawat secara berkala agar Anda dapat berkendara dengan nyaman dan aman. Baik itu mobil, motor bebek, motor matic dan motor Vespa Matic harus dirawat secara rutin atau berkala agar dapat tetap nyaman ketika digunakan.

Perawatan motor Vespa matic tentu berbeda dengan perawatan sepeda motor biasanya. Untuk tidak membingungkan Anda komponen apa yang harus dirawat dan dicek secara berkala, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan merawat Vespa matic agar tetap awet sebagai berikut:

Mengganti Oli secara Berkala

Salah satu merawat Vespa matic yang utama yaitu rutin mengganti oli secara berkala, fungsi oli dalam kendaraan Anda yaitu untuk meminimalisir tingkat keausan pada  komponen mesin sehingga dapat memengaruhi kenyamanan berkendara. Pada buku petunjuk Anda disarankan oli wajib diganti setiap 10.000 kilometer.

Untuk Anda yang tinggal di perkotaan dan sering terjebak macet, disarankan Anda rutin mengganti oli setiap 3.000 atau 5.000 kilometer atau setara dengan pemakaian 3-4 bulan.

Inilah cara merawat vespa matic agar tahan lama

Memperhatikan Sistem Pengapian Vespa

Ketika melakukan perawatan Vespa matic, komponen lain yang wajib diperiksa yaitu sistem pengapian. Pemeriksaan sistem pengapian ini yaitu pemeriksaan arus listrik dan komponen kelistrikannya.

Memeriksa arus pada kabel koil dan elektroda pada busi motor serta komponen kelistrikan seperti soket penyambung antar kabel dan sistem penerangan kendaraan. Selain itu, aki dan sekring harus dicek, karena dengan tak adanya starter engkol akan membuat sepeda Anda tak bisa jalan jika tidak ada aki didalamnya.

Rutin dalam Mengecek Kondisi Roda

Salah cara penting lainnya yang diperhatikan dalam rawatan motor vespa matic yaitu dengan rutin mengecek kondisi roda Vespa. Ada baiknya jika roda depan dan belakang memiliki bearing yang dapat berfungsi dengan baik.

Melakukan Servis secara Ringan dan Besar

Dalam merawat Vespa matic ada hal yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu rutin melakukan servis secara ringan dan besar. Servis besar sangat berguna dalam mendeteksi gangguan pada vespa matic secepat mungkin, jika Anda melakukan servis besar per 30.000 km sama dengan tiga tahun pemakaian Vespa tersebut.

Demikian merupakan informasi mengenai beberapa cara dalam merawat Vespa matic agar  dapat bertahan lama. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu dan menambah wawasan atau pengetahuan serta semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *